Beranda » Baja Ringan » Harga Rangka Atap Baja Ringan Bandung Murah
click image to preview activate zoom

Harga Rangka Atap Baja Ringan Bandung Murah

Stok Tersedia
Kategori Baja Ringan
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Bagikan ke

Harga Rangka Atap Baja Ringan Bandung Murah

Baja ringan adalah baja yang diproduksi dengan kandungan karbon yang rendah sehingga memiliki berat jenis yang ringan dibandingkan baja konvensional. Rangka Atap Baja Ringan Bandung banyak digunakan sebagai bahan konstruksi atap, dinding, plafon, partisi, dan kanopi pada bangunan.

Kelebihan utama baja ringan adalah ringan, kuat, tahan karat, dan mudah dibentuk. Karena sifatnya yang ringan, baja ringan sangat cocok digunakan pada konstruksi atap agar beban atap lebih ringan. Selain itu, baja ringan juga mudah dipasang dan dibongkar. Oleh karena itu, baja ringan banyak dipilih sebagai bahan konstruksi bangunan modern saat ini.

Tulisan ini akan membahas lebih lengkap mengenai harga baja ringan per batang di Bandung, mulai dari berbagai jenis baja ringan, kelebihan dan kekurangannya, hingga cara perawatannya.

Jenis Baja Ringan

Baja ringan memiliki beberapa jenis yang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan. Berikut ini adalah jenis-jenis baja ringan yang populer:

Besi Hollow

Besi hollow merupakan baja berbentuk persegi atau persegi panjang yang memiliki rongga di dalamnya. Baja jenis ini sangat ringan dan kuat sehingga cocok untuk rangka atap, kusen, pagar, dan lain-lain.

Galvalum

Galvalum adalah baja lembaran yang dilapisi seng (galvanis) sehingga tahan karat dan korosi. Bentuk galvalum umumnya bergelombang atau datar yang biasa digunakan sebagai atap, dinding, partisi, dan sebagainya.

Kanal C

Kanal C merupakan baja berbentuk huruf C dengan satu sisi terbuka. Baja ringan jenis ini sering dipakai sebagai konstruksi kolom dan balok karena memiliki kekuatan yang tinggi.

WF

WF (Wide Flange) merupakan profil baja berbentuk persegi panjang dengan bagian sayap lebih lebar daripada badan. Besi WF banyak dipakai sebagai bahan konstruksi jembatan dan bangunan bertingkat karena kemampuan lenturnya yang baik.

Kelebihan Baja Ringan

Baja ringan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan material konstruksi lainnya:

  • Ringan – Baja ringan memiliki berat jenis yang rendah dibandingkan baja konvensional, sekitar 1/3 nya saja. Berat yang ringan memudahkan dalam transportasi dan pemasangan.
  • Kuat – Meskipun ringan, baja ringan memiliki kekuatan yang tinggi karena proses pembuatan yang modern. Kekuatan tariknya mencapai 250 – 550 MPa.
  • Tahan Karat – Lapisan zinc dan almunium pada baja ringan membuatnya tahan terhadap karat dan korosi. Umur baja ringan bisa mencapai lebih dari 15 tahun.
  • Harga Murah – Baja ringan lebih murah dibandingkan bahan konstruksi lain dengan kekuatan yang setara, seperti kayu dan beton.

Kekurangan Baja Ringan

Baja ringan memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  • Mudah bengkok: Baja ringan relatif lebih tipis dan lentur dibandingkan baja konvensional, sehingga lebih rentan bengkok jika mendapat beban berlebih atau benturan. Oleh karena itu, dalam pemasangan baja ringan perlu berhati-hati agar tidak terjadi perubahan bentuk yang tidak diinginkan.
  • Perlu pengecatan anti karat: Meskipun disebut baja “ringan”, sebenarnya baja ringan tetap rentan terhadap karat, terutama jika terkena air dan kelembaban. Oleh karena itu, pengecatan lapisan anti karat sangat diperlukan agar baja ringan awet dan tahan lama. Pengecatan sebaiknya dilakukan pada semua sisi baja ringan.
  • Kurang kedap suara: Baja ringan umumnya memiliki tingkat peredam suara yang lebih rendah dibandingkan baja konvensional. Oleh karena itu, baja ringan kurang cocok untuk bangunan yang membutuhkan privasi tinggi atau minim kebisingan seperti studio rekaman. Perlu ditambahkan lapisan peredam suara agar kedap suara lebih optimal.

Dengan memahami kekurangan di atas, kita bisa mendapatkan hasil maksimal dalam pemanfaatan baja ringan dengan melakukan perlakuan dan perawatan yang tepat.

Harga Rangka Atap Baja Ringan Bandung per Batang

Baja ringan merupakan material konstruksi yang populer digunakan untuk bangunan rumah atau ruko di Bandung. Harga baja ringan di Bandung cukup bervariasi tergantung jenis dan ukurannya.

Rata-rata harga per batang baja ringan di Bandung :

NoNamaPanjangHarga Per batang
1Baja Ringan 0.65 mm6 meterRp 66.000
2Baja Ringan 0.70 mm6 meterRp 70.000
3Baja Ringan 0.75 mm6 meterRp 76.000
5Reng Baja Ringan Tebal 0.40 mm6 meterRp. 30.000
6Reng Baja Ringan Tebal 0.45 mm6 meterRp. 37.000

Harga di atas merupakan harga rata-rata baja ringan di Bandung per batangnya. Harga bisa berbeda tergantung ukuran profil dan ketebalan baja ringan yang digunakan. Semakin besar ukuran profil dan semakin tebal baja ringannya, maka harganya juga akan semakin mahal.

Selain jenis profil, kualitas baja ringan juga mempengaruhi harga jualnya. Baja ringan dengan kualitas bagus biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi. Beberapa merk baja ringan terkenal seperti PT Gunung Raja Paksi dan PT Citra Tubindo juga menjual produknya dengan harga premium.

Untuk mendapatkan harga baja ringan di Bandung yang murah, Anda bisa membandingkan penawaran dari beberapa supplier. Pastikan juga untuk memeriksa kualitas baja ringan sebelum membeli agar mendapat produk yang berkualitas baik dengan harga terjangkau.

Cara Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Untuk menghitung kebutuhan baja ringan pada sebuah proyek bangunan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Berdasarkan Luas Atap

Cara yang paling umum adalah menghitung berdasarkan luas atap yang akan dipasangi baja ringan. Rumusnya sederhana:

Jumlah batang = Luas atap / Jarak reng

Misal luas atap rumah adalah 120 m2 dan jarak reng yang digunakan 60 cm, maka:

Jumlah batang = 120 / 0,6 = 200 batang

Jadi untuk luas atap 120 m2 dengan jarak reng 60 cm, dibutuhkan 200 batang baja ringan.

Berdasarkan Panjang Reng

Cara lainnya adalah berdasarkan total panjang reng yang diperlukan. Rumusnya:

Panjang reng total = Keliling atap x Jumlah reng

Misal keliling atap adalah 40 meter dan jumlah reng 20 buah, maka:

Panjang reng total = 40 x 20 = 800 meter

Jadi total panjang reng yang dibutuhkan adalah 800 meter. Kemudian dibagi dengan panjang satu batang baja ringan, misal 6 meter, sehingga kebutuhan total batang baja ringannya adalah 800/6 = 133 batang.

Pertimbangkan Pemotongan dan Sambungan

Perlu diperhitungkan juga kebutuhan batang baja ringan untuk pemotongan dan sambungan antar batang. Umumnya ditambahkan 10-15% dari perhitungan di atas untuk mengakomodir pemotongan dan sambungan.

Jadi intinya, hitung berdasarkan luas atap dan panjang reng, kemudian beri tambahan 10-15% untuk potongan dan sambungan agar perhitungannya lebih akurat.

Tips Membeli Baja Ringan

Membeli baja ringan memerlukan pertimbangan yang matang agar mendapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Berikut adalah beberapa tips membeli baja ringan:

Pilih Supplier Terpercaya

Pastikan membeli baja ringan dari supplier atau toko material bangunan yang terpercaya dan berpengalaman. Pilihlah supplier yang sudah lama berdiri dan direkomendasikan banyak kontraktor. Supplier terpercaya lebih menjaga kualitas dan konsistensi produknya. Mereka juga dapat memberikan garansi material.

Perhatikan Kualitas Material

Perhatikan baik-baik kualitas baja ringan sebelum membeli, seperti permukaan yang rata, tidak berkarat atau berlubang. Pastikan ketebalan plat sesuai standar, biasanya 0,4mm atau 0,5mm. Bandingkan dengan contoh potongan baja ringan berkualitas baik. Hindari membeli baja ringan dengan kualitas di bawah standar meskipun harganya murah.

Hitung Kebutuhan dengan Tepat

Kalkulasi kebutuhan baja ringan dengan cermat sesuai dengan luas atap, jarak reng, dan jenis rangka atap yang digunakan. Berikan tambahan 10% sebagai cadangan jika terjadi kesalahan pemotongan. Hitungan yang tepat akan menghindari kekurangan atau kelebihan material yang dapat merugikan.

Dengan memilih supplier terpercaya, memperhatikan kualitas, dan menghitung kebutuhan dengan akurat, Anda akan mendapatkan baja ringan terbaik dengan harga terjangkau.

Perbandingan Harga Baja Ringan Bandung dan Kota Lain

Baja ringan merupakan material bangunan yang banyak digunakan di seluruh Indonesia. Meskipun banyak diproduksi di dalam negeri, harga baja ringan di setiap kota bisa berbeda tergantung pada beberapa faktor seperti biaya transportasi dan tingkat persaingan di pasar setempat.

Berikut perbandingan harga baja ringan di beberapa kota besar di Indonesia:

Jakarta

Harga baja ringan di Jakarta umumnya lebih murah dibandingkan Bandung. Hal ini dikarenakan Jakarta merupakan pusat bisnis dan perdagangan sehingga persaingan di pasar material bangunan sangat ketat. Harga rata-rata baja ringan per batang di Jakarta berkisar Rp65.000 – Rp70.000.

Surabaya

Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta. Harga baja ringan di Surabaya hampir setara dengan harga di Jakarta yaitu sekitar Rp65.000 – Rp75.000 per batang.

Medan

Medan merupakan kota terbesar di kawasan Indonesia bagian barat. Harga baja ringan di Medan sedikit lebih mahal dibandingkan Jakarta dan Surabaya. Rata-rata harga per batang di kisaran Rp70.000 – Rp80.000.

Bandung

Meskipun dekat dengan pusat produksi baja ringan, harga di Bandung cukup tinggi yaitu Rp60.000 – Rp70.000 per batang. Hal ini dikarenakan di Bandung tidak banyak produsen baja ringan sehingga tingkat persaingan tidak seketat di Jakarta dan Surabaya.

Makassar

Harga baja ringan di Makassar terbilang paling mahal di antara kota-kota besar lainnya. Rata-rata harga per batang mencapai Rp90.000 – Rp100.000. Tingginya harga disebabkan biaya transportasi dari pusat produksi ke Makassar yang jauh serta minimnya persaingan di pasar setempat.

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum harga baja ringan di Bandung lebih tinggi dibandingkan harga di Jakarta dan Surabaya. Perbedaan harga ini dipengaruhi oleh faktor transportasi dan tingkat persaingan di masing-masing kota.

Cara Perawatan Baja Ringan

Baja ringan merupakan material konstruksi yang rentan terhadap korosi dan karat. Oleh karena itu, diperlukan perawatan rutin agar baja ringan tetap awet dan berfungsi dengan baik. Berikut cara merawat baja ringan:

  • Lakukan pengecatan rutin. Pengecatan dapat melindungi permukaan baja ringan dari korosi dan karat. Disarankan untuk mengecat ulang setiap 2-3 tahun sekali. Pilih cat yang khusus untuk logam seperti cat anti karat. Pastikan permukaan bersih dari debu dan kotoran sebelum pengecatan.
  • Bersihkan karat yang muncul. Jika terdapat bintik karat pada permukaan baja ringan, segera bersihkan dengan amplas halus atau kikir. Kemudian kita bisa mengecat ulang bagian yang telah dibersihkan karatnya. Jangan biarkan karat terus berkembang karena akan mempercepat kerusakan.
  • Hindari penumpukan debu dan kotoran. Bersihkan secara berkala menggunakan lap bersih dan kering. Debu dan kotoran yang menempel dapat memicu timbulnya karat.
  • Lindungi baja ringan dari air dan kelembaban. Pastikan permukaan baja ringan selalu kering. Jangan biarkan air atau embun berlama-lama di permukaan baja ringan.

Dengan melakukan perawatan rutin, baja ringan dapat bertahan lebih lama dan terhindar dari kerusakan akibat korosi atau karat. Gunakan baja ringan sesuai fungsinya dan jangan lupa lakukan perawatan berkala.

Baca juga : Harga Sewa Pompa Beton di Bandung

Kesimpulan

Baja ringan merupakan material bangunan yang populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau dan mudah diinstalasi. Di Bandung, harga baja ringan per batang berkisar antara Rp55.000 hingga Rp65.000 tergantung ukuran dan ketebalannya.

Beberapa tips penting dalam membeli baja ringan adalah pastikan membeli dari supplier terpercaya, bandingkan harga dari beberapa supplier, dan perhatikan kualitas baja seperti anti karat dan tidak mudah bengkok.

Untuk merawat baja ringan agar awet, lakukan pengecatan secara berkala, hindari penumpukan debu dan kotoran, serta lakukan pemeriksaan berkala untuk mendeteksi kerusakan.

Secara keseluruhan, baja ringan merupakan bahan bangunan yang ekonomis dan praktis jika dipilih dan dirawat dengan benar. Lakukan survei harga, bandingkan kualitas, dan rawat secara rutin agar baja ringan tetap awet dan berfungsi dengan baik dalam jangka panjang.

Tags: ,

Harga Rangka Atap Baja Ringan Bandung Murah

Berat 300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 39 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Rekomendasi
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Azis
● online
Azis
● online
Halo, perkenalkan saya Azis
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja